MENCAPAI KEUNGGULAN OPERASIONAL DAN KEBERLANJUTAN PELANGGAN

Aplikasi Enterprise adalah aplikasi / perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyelesaikanmasalah perusahaan. Dari aplikasi tersebut dapat membantu pekerjaan para pekerja diperusahaan sehingga mempermudah, mempercepat pekerjaan, mengefisiensikan pekerja, sekaligus memperkecil biaya pengeluaran perusahaan. Contoh penerapana aplikasi enterprise adalah pengelolaan gaji karyawan, data pengiriman barang, analisis keuangan, pencatatan kredit, asuransi, pajak, pengelolaan eksport dan import, dan masih banyak lagi yang lain.

Supply Chain Management (SCM) adalah mekanisme yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan dan proses berubahnya bahan baku menjadi sebuah produk. SCM  memiliki 3 Komponen, yang di antaranya adalah :
-Upstream Supply Chain Management yaitu proses perusahaan mendapatkan supplier dari pihak luar untuk mendapatkan bahan baku.
-Internal Supply Chain Management yaitu proses terjadinya perubahan dari bahan baku menjadi sebuah produk jadi.
-Downstream Supply Chain Managament yaitu proses pendistribusian barang oleh perusahaan ke customer yang dimana biasanya dilakukan oleh eksternal distributor.



Contoh Komponen SCM pada perusahaan Nike.

Tujuan utama dari penerapan SCM ini ialah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan oleh perusahaan seperti  penyerahan atau pengiriman produk tepat waktu demi memuaskan konsumen, mengurangi biaya, mengefisiensikan waktu dan memusatkan kegiatan perencanaan dan distribusi.
push-based supply chain,keputusan produksi dan distribusi didasarkan atas perencanaan jangka panjang, sehingga pabrik didasarkan atas perkiraan permintaan atas pesanan yang diterima dari pengecer.
pull-based supply chain,produksi dan distribusi didasarkan atas permintaan  konsumen sehingga  lebih dikoordinasikan dengan permintaan konsumen yang nyata  daripada perkiraan permintaan.

CRM (Customer Relationship Management) mengombinasikan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan perusahaan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

Keuntungan dalam menggunakan CRM sebagai berikut :
· Menjaga pelanggan yang sudah ada
· Menarik pelanggan baru
· Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
· Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card).
· Respon yang lebih cepat ke pelanggan
· Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang

 Kelemahan :
· Kelebihan data pelanggan atau informasi tentang pelanggan tidak dikelola dengan benar sehingga bisa menyebabkan kegagalan proyek CRM.
· Tidak ada sistem CRM datang dimuat dengan informasi pelanggan.
· Implementasi CRM akan menyebabkan budaya perubahan dalam organisasi, terutama dikalangan staf.

No comments:

Post a Comment